Menyediakan tunjangan karyawan sangat penting untuk menarik dan mempertahankan retensi karyawan. Hal ini tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar, bahkan untuk perusahaan kecil dan menengah dengan anggaran terbatas.

Meskipun menawarkan tunjangan yang komprehensif mungkin terlihat menantang, ada beberapa strategi hemat biaya yang dapat membantu menciptakan tunjangan yang berarti bagi karyawan.

Berikut beberapa cara praktis bagi perusahaan kecil dan menengah untuk membuat dan mengembangkan program benefit karyawan hemat dan tepat sebagai tunjangan karyawan yang sesuai dengan batasan anggaran, namun tetap memprioritaskan kepuasan dan kesejahteraan karyawan.

Pengaturan Sistem Kerja yang Fleksibel

Cara Membuat Program Benefit Karyawan Hemat

 

Menerapkan pengaturan sistem kerja yang fleksibel dapat menjadi manfaat yang berharga bagi karyawan, dengan investasi finansial yang minimal. Pilihan seperti kerja jarak jauh, jam kerja yang fleksibel, atau minggu kerja yang dipadatkan memungkinkan karyawan untuk menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional mereka dengan lebih baik.

Fleksibilitas kerja ini meningkatkan kepuasan kerja dan keseimbangan kehidupan kerja, yang mengarah pada peningkatan produktivitas dan penurunan tingkat turnover karyawan.

Baca Juga: Terbukti! 10 Cara Menurunkan Turnover Karyawan

1. Peluang Pengembangan Profesional

Berinvestasi dalam pengembangan profesional memberikan manfaat bagi karyawan dan perusahaan. Meskipun program pelatihan dan pengembangan mungkin memerlukan investasi finansial, namun ada beberapa pilihan yang ramah anggaran yang tersedia. Dorong karyawan untuk menghadiri webinar, dan kursus online. 

2. Program Bantuan Karyawan 

platform benefit karyawan payuung
Keunggulan platform employee benefit, Payuung

 

Program Bantuan Karyawan memberikan akses kepada karyawan ke layanan konseling rahasia, sumber daya kesehatan mental, dan program dukungan lainnya. Program-program ini menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan karyawan dan dapat membantu mengatasi tantangan pribadi dan yang berhubungan dengan pekerjaan sebelum menjadi masalah besar.

Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan program konseling sehingga bisa lebih hemat biaya. Manfaatkan juga voucher promo konsultasi dengan potongan harga, melalui aplikasi employee benefit seperti Payuung.

3. Program Tunjangan yang Fleksibel

fasilitas earned wage access tarik gaji awal dari aplikasi benefit karyawan Payuung
Produk benefit karyawan dari platform Payuung

Pertimbangkan untuk menerapkan program tunjangan fleksibel yang memungkinkan karyawan memilih tunjangan yang paling sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pendekatan ini memungkinkan karyawan untuk mengalokasikan anggaran tunjangan mereka ke bidang-bidang yang paling penting bagi mereka.

Baca Juga: Cara Menarik dan Mempertahankan Karyawan Gen Z

Salah satu alternatifnya melalui fasilitas earned wage access atau Tarik Gaji Awal Payuung, yang memungkinkan karyawan dapat menarik gaji lebih awal di luar tanggal penggajian.

4. Program Pengakuan dan Penghargaan

Mengakui dan memberi penghargaan kepada karyawan atas pencapaian dan kontribusi mereka sangat penting untuk meningkatkan semangat dan motivasi. Menetapkan program penghargaan, seperti Karyawan Terbaik Bulan Ini, penghargaan antar rekan kerja, atau insentif moneter kecil, dapat meningkatkan keterlibatan dan kepuasan kerja karyawan.

Program ini bisa menjadi alternatif program benefit karyawan hemat dan murah. Melalui fitur Lencana Karyawan di Payuung, perusahaan dapat memberikan apresiasi kepada karyawan secara gratis.

5. Inisiatif Keseimbangan Kehidupan Kerja

Mempromosikan keseimbangan kehidupan kerja tidak harus mahal. Pertimbangkan untuk menerapkan kebijakan yang mendorong karyawan untuk dapat menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi. Hal ini bisa dilakukan melalui pemberian gift ataupun voucher e-wallet, voucher belanja, dll di Payuung, yang bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 10.000,-.

Meskipun perusahaan kecil dan menengah mungkin memiliki keterbatasan anggaran, namun masih memungkinkan untuk memberikan tunjangan karyawan yang berarti yang dapat meningkatkan kepuasan kerja dan menarik talenta terbaik.

Dengan berfokus pada fleksibilitas, pengembangan profesional, keseimbangan kehidupan kerja, dan komunikasi terbuka, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang suportif dan menarik tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Melalui pemanfaatan aplikasi employee benefit seperti Payuung, dapat menjadi salah satu alternatif bagi perusahaan untuk mendapatkan produk benefit yang hemat. Karena di Payuung, benefit itu nggak harus mahal.

Daftar Presentasi Payuung